Mulai Hematkan Energi “Data Center” dari Kabel

31 07 2009

Mencoba beramah tamah dengan lingkungan tak harus jauh-jauh dan sulit-usbsulit. Cukup kita perhatikan penggunaan kabel pada sebuah data center. Menurut penelitian Gary Shamshoian, Senior Mechanical Engineer di  Genentech Inc, konsumsi energi sebuah data center 15 kali lebih banyak dari pada sebuah gedung kantor pada umumnya, bahkan dalam kasus tertentu bisa mencapai 100 kali lipat lebih banyak.

Sedangkan menurut penelitian dari Lawrence Berkeley National Laboratory milik Departemen Energi AS, konsumsi untuk server dan peralatan data center di AS setara dengan lima pembangkit listrik berkapasitas 1.000 megawatt.

“Kabel mungkin terlihat sebagai sesuatu yang sepele, tapi jika kita bisa mengatur dengan baik, kita bisa meningkatkan efisiensi pada sisi konsumsi energi,” ungkap John Duffy, Konsultan Senior, Regional Business Development Siemon di Jakarta, Kamis (30/7).

Melihat besarnya konsumsi energi dari sebuah data center, jika kita bisa menghemat sebagian kecil saja, hasilnya akan menjadi sangat signifikan.

John menjelaskan, efisiensi energi bisa dilakukan minimal dengan dua cara, yaitu menggunakan kabel yang berkualitas baik serta dengan pengaturan infrastruktur kabel yang baik.

“Pengaturan dan penggunaan infrastruktur kabel yang baik akan meminimalisir interference data dan mengurangi panas yang dihasilkan, sehingga bisa menghemat biaya dari mesin pendingin dan listrik yang dipakai,” tambah John.

Menurut Kiki Randall, Country Manager Global Technology Services IBM Services, dunia usaha sangat memerlukan peningkatan efisiensi pada sisi konsumsi energi.

“Bersama dengan Simeon sebagai mitra kami, kami akan berbagi keahlian, kemampuan, dan teknologi untuk menciptakan solusi yang dibutuhkan pelanggan kami untuk mengatasi permasalahan konsumsi energi saat ini,” ujar Kiki.

IBM dan Seimon, perusahaan yang bergerak di bidang infrastruktur jaringan, saat ini sedang melakukan kerjasama mengembangkan data center yang lebih ramah lingkungan. Mereka akan memulainya dari kabel.

kompas.com


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: