Pengembaraan Caving Goa Jomblang 2009

3 08 2009

Maaf temen-temen se-Makupella baru ngasih berita acara tentang pengembaraan caving 2009 kemarin disebabkan karena suatu hal, hehehehe……. Langsung aja kita ke TKPnya aja.

Begini ceritanya, sore itu pada hari Jum’at, 29 Mei 2009 kami peserta goa jomblang 6pengembaraan yaitu Arfan dan Adi beserta tim pendukung yang diisi oleh Mario, Habib, Maman dan Lia sedang bersiap-siap untuk melakukan pemberangkatan menuju tempat pengembaraan yaitu Goa Ngringrong dan Goa Jomblang. Sesuai jadwal kami berangkat setelah sholat Maghrib, namun molor karena menunggu Pembimbing Lapangan tepatnya saudara Ahmad Mursid Widodo alias Gaco. Sambil menunggu kami mengecek kembali kesiapan peralatan kami. Akhirnya, yang ditunggu-tunggupun tiba, namun masalah belum selesai Gaco yang rencananya menggunakan motor Dayat mendadak tidak jadi karena motornya akan dipakai oleh pemiliknya. Motor yang sudah ada baru 3 buah yaitu motornya Mario, Gagrek dan Adi. Kurang 1 motor lagi, akhirnya saudara Habib mengikhlaskan untuk menggunakan motornya sendiri dengan catatan dia hanya sendirian menggunakan motornya. Kemudian kami membagi-bagi barang bawaan dan ternyata barang bawaan kami bisa dibilang overload, huhehehe. Kami pun berangkat dengan boncengan Adi dengan Arfan sebagai leader, Mario dengan Lia, Habib sendirian dan Gaco dengan Maman sebagai sweaper. Kami berangkat tepatnya pukul 20.00 WM (waktu Makupella) yang diawali dengan berdoa memohon keselamatan.

goa jomblang 5Dalam perjalanan malam yang sepi dan cukup dingin kami berjalan kompak dan teratur sesuai dengan barisan dengan kecepatan 70km/jam. Perjalanan kami mengasikan, namun terasa ada yang kurang yaitu salah satu motor yaitu Mario dan Lia tidak terlihat pada barisan. Adi sebagai leader menanyakan kepada Habib dan Gaco tentang keberadaan mereka, tiba-tiba HP Arfan berdering ternyata telpon dari Lia yang memberi kabar bahwa ban motor mereka bocor. Kami pun berhenti dipinggir jalan untuk menunngu mereka. Adi kembali untuk menyusul Mario dan Lia, ternyata jarak kami lumayan jauh sekitar 5 km. Adi lalu memboncengkan Lia untuk menunggu besama lainnya dengan membawa barang-barang yang dibawa oleh Mario dan Lia. Lalu Adi kembali lagi untuk menemani Mario menambal ban motornya. Lama menunggu akhirnya selesai juga penambalan bannya. Mario dan Adi langsung berjalan menuju teman-teman yang lainnya. Lalu kami melanjutkan perjalan kembali untuk menuju basecamp Goa Ngringrong. Akhirnya, sekitar pukul 11.00 WIB kami tiba di basecamp, kami istirahat sejenak sambil ngobrol-ngobrol dengan Ketua RT selaku pemilik basecamp. Lalu kami melakukan briefing untuk melakukan pengembaraan, namun karena kondisi tim yang terlihat sudah kelelahan dan ngantuk akhirnya Adi dan Arfan memutuskan pengembaraan di Goa Ngringrong ditunda hingga besok pagi.

Sabtu pagi tanggal 30 Mei 2009 dengan udara yang cukup dingin ditambah goa jomblang 4masih ngantuk kami bersiap-siap untuk melakukan pengembaraan di Goa Ngringrong. Sambil menyiapkan peralatan yang akan dibawa bagian konsumsi juga menyiapakan makanan dan minuman untuk mengisi perut kami. Sekitar pukul 08.00 WIB kami berangkat menuju lokasi Goa Ngringrong. Selama 45 menit berjalan kamipun sampai dimulut goa. Sesuai dengan pembagian tugasnya Habib dan Maman berada dimulut goa dahulu dan yang lainnya masuk kedalam goa. Setelah sampai di dalam goa Adi yang akan melakukan rigging langsung menyiapkan kelengkapan alat yang dibutuhkan. goa jomblang 3Sekitar jam 10.00 WIB Adi mulai melakukan rigging. Kami melakukan penelusuran hanya sampai pitch 1 karena melihat anchor untuk ke pitch 2 kurang kokoh. Yang melakukan penelusuran yaitu Adi, Arfan, Gaco, Lia, Mario dan Maman, Habib tidak melakukan penelusuran karena waktu yang sudah mepet. Sekitar pukul 20.00 WIB kami menyudahi penelusuran dan yang bertugas untuk cleaning yaitu Maman dibantu oleh Mario. Sekitar pukul 21.00 WIB Maman selesai cleaning dan kami pun langsung packing. Lalu kami kembali untuk ke basecamp. Sekitar pukul 23.00 WIB kami tiba di basecamp, kami langsung bersih-bersih badan lalu dilanjutkan dengan makan malam lalu evaluasi kegiatan dan briefing untuk kegiatan besok. Rencananya setelah dari goa Ngringrong kami langsung menuju ke goa Jomblang dan ngekamp di basecamp Jomblang, namun karena waktu sudah malam dan kondisi fisik yang sudah lelah akhirnya kami ngekamp semalam lagi di basecamp Ngringrong.

Minggu, 31 Mei 2009 kami langsung berkemas-kemas setelah bangun tidur Goa Jomblang 1untuk melanjutkan perjalanan ke goa Jomblang dengan targetan melakukan cave rescue. Sekitar pukul 08.00 WIB setelah berpamitan kami langsung meluncur menuju goa Jomblang tujuan pengembaraan kami berikutnya. Perjalanan dari Ngringrong menuju Jomblang membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Sekitar pukul 09.00 WIB kami tiba di basecamp Jomblang kami istirahat sejenak dan mempersiapkan alat-alat yang akan dibawa sambil memesan makanan untuk makan siang nanti. Setelah beristirahat kami langsung menuju goa Jomblang. Sekitar pukul 09.45 WIB kami tiba di goa Jomblang kami langsung menyiapkan peralatan. Yang bertugas untuk rigging yaitu Arfan dibantu oleh habib. Arfan memulai rigging sekitar pukul 10.30 WIB. Pukul 11.30 WIB Maman kembali ke basecamp untuk mengambil makanan yang sudah dipesan. Arfan dan Habib berhenti sejenak untuk makan dulu. Setelah selesai makan mereka melanjutkan rigging. Akhirnya, setelah lama menunggu sekitar pukul 15.45 WIB Arfan selesai rigging. Lalu Adi mulai mempersiapkan untuk membuat lintasan rescue. Sekitar pukul 16.30 WIB Adi mulai membuat lintasan untuk rescue dan pukul 17.30 WIB lintasan baru selesai. Malihat cuaca yang sudah mulai gelap Adi dan Arfan memutuskan untuk melakukan rescue tanpa menggunakan dragbar, namun diganti dengan menarik orang saja yaitu Maman. Ternyata lintasan rescue yang dibuat Adi tidak berjalan mulus, korban tidak dapat ditarik ke atas karena kemungkinan anchor rescue yang cukup pendek. Akhirnya, rescue tidak dilanjutkan dan kami langsung melakukan cleaning. Habib yang saat ini bertugas untuk melakukan cleaning dibantu dengan teman-teman yang lain agar Habib tidak terlalu repot. Sekitar pukul 20.00 WIB Habib selesai cleaning lalu kami packing dan makan malam. Kami kembali ke basecamp pukul 21.00 WIB. Kesialan kembali melanda Mario lagi-lagi ban motornya bocor akhirnya Mario menuntun motornya hingga ke basecamp dan Lia jalan kaki dengan didampingi Adi dan Arfan dibelakang mereka. Pukul 22.00 WIB kami tiba di basecamp. Kami langsung istirahat. Adi dan Mario menyempatkan untuk mencari tambalan ban dan ternyata dibelakang basecamp ada tambal ban yang buka. Mario menambal bannya ditempat tersebut. Lalu kami istirahat di basecamp.

Senin, 1 Juni 2009 kami langsung mengadakan briefing untuk memutuskan apakah akan melanjutkan rescue atau pulang. Adi dan Arfan berembuk berdua, lalu mereka sepakat untuk pulang. Kami semua lagsung berkemas-kemas untuk pulang. Kami akhirnya pulang pukul 05.45 WIB. Perjalanan pulang kami lancar dan kami sampai di basecamp Makupella pukul 07.50 WIB. Kami langsung masak-masak dan istirahat. Pada sore harinya kami baru mencuci alat-alat.goa jomblang 2

Itulah sekilas cerita tentang Pengembaraan Caving 2009. Kurang lebihnya mohon maaf yoo….. Sampai ketemu lagi di episode berikutnya. Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Kontributor : Adi supra And D’ Team


Actions

Information

4 responses

3 08 2009
067/VI/MKPL/06

Lanjutkan… untuk mas wowok.. silakan sering2 upload untuk gambarnya ya…

3 08 2009
Uli/Sarmo

Tambah seru aja ya kegiatan Caving MKPL.. Tetep semangat ya to melajutkan semua kegiatan Caving&jangan lupa to selalu berbagi cerita..
Kalo aku dulu harus keluar MKPL to bisa berkegiatan Caving.. yah, maklum Caver’y cuma aku sendiri n alat juga ga ada.. so jgn cuma ngarepin kegiatan dari MKPL aja.. cz di luar sana banyak ilmu n pengalaman baru yang bakal kau dapat.. hehe..:D

3 08 2009
Uli/Sarmo

062/IV/MKPL/03

5 11 2010
ipay

boleh gabung nih dalam setiap kgatan…??
CS:085223733895
low ada kgatan hubngi ya………….!!!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: