Explore Progo Atas Via Kandangan, Temanggung

14 01 2010

Salam Dayung……………………………………….!!

Deru deras air menggugah memanggil para penggiat arung jeram untuk di jelajahi……………….

Hujan yang turun bak menyulut semangat kami untuk segera mengarungi sungai Progo. Sungai Progo atas via Kandangan memang baru beberapa kali diarungi……….dengan pemandangan yang eksotis dan jeram – jeram yang menantang dengan karakter yang berbeda – beda memang patut diarungi…………..

Tepat 10 Januari 2010, Base Marine “Katara” Makupella datang dengan awak – awak yang sudah siap untuk mengarungi serunya sungai Progo Atas via Kandangan Temanggung.

Sebelum kesana, pada tanggal 9 Januarinya dilaksanakan dikjut Orad untuk salah satu personil Makupella di Sungai Elo, Magelang.

“Pengalaman yang seru sungguh tak mudah dilupakan”

Deru deras jeram – jeram bak terus memanggil para rafter Makupella

Keeksotisannya sungguh bak wahana indera para penikmatnya…………

02.00 WIB…10 Januari 10 “ Basecamp Mendut”…beberapa jam sebelum pengarungan sungai Progo

Suasana hening karena para personil dari Makupella, temen2 Silvagama dan temen2 lainnya tertidur lelap tiba – tiba terdengar riuh….beberapa orang terbangun karena mencium aroma buah durian yang dibawa dari Purworejo oleh Udin dan Bodat (Makupella)….mata yang masih sedikit terpejam dipaksakan untuk merasakan nikmatnya buah durian…………..tak terasa waktu sudah hamper fajar, setelah semua buah durian tersantap sempurna, kami lanjutkan tidur kembali……….

05.00 WIB…”Basecamp Mendut”

Sebagian besar dari kami bangun untuk melakukan sholat subuh dan dilanjutkan persiapan diri sebelum memulai pengarungan….

06.40 WIB….”basecamp Mendut” sarapan sudah dihidangkan dan siap untuk disantap guna memulihkan energi yang terkuras karena latihan dihari kemarin. Kami bersiap-siap mulai dari diiri sendiri sampai dengan mempersiapkan peralatan yang akan dibawa dalam pengarungan Sungai Progo Atas via Kandangan, Temanggung

08.00 WIB…”Basecamp mendut”……3 mobil sudah siap untuk mengangkut para personil dan 6 perahu yang akan berangkat…Makupella, Silvagaman, HDSB, 3 perahu gabungan FAJY….mulai dinaikkan ke masing-masing mobil….dan kami yang kebetulan satu mobil dengan teman2 dari HDSB berangkat dengan semangat dan keceriaan yang terpancar alami……………..

09.30 WIB ..”jembatan Kandangan” …..kami semua tiba bersamaan tepat di jembatan Kandangan yang merupakan start point dari pengarungan Sungai Progo Atas via Kandangan ini……semua perahu diturunkan dan semua personil bersiap untuk portaging perahu ke bawah jembatan….waouuu walaupun TMA nya tidak terlalu besar yakni hanya “8” kami tetap bersemangat untuk segera memulai pengarungan. Seperti biasanya ne….sebelum pengarungan didahului pemanasan peregangan otot-otot cuy..kemudian dilanjutkan doa dan foto bersama…

10.10 WIB ..”Jembatan Kandangan” pengarungan pun dimulai…….dengan RRS (river running system) urutan perahu Makupella teletak di urutan ke 5. Yaaa ne urutan perahu yang telah diatur….Perahu 1 FAJY yang dikomandoi Tommi, abiz tu dilanjutkan perahu Silvagama yang dikomandoi Sulung, terus dilanjutkan perahu 3 FAJY yang dikamandoi Leli, diikuti perahu 2 FAJY yang dikomandoi Bonga, baru deh biztu Base Marine Makupella yang dikomandoi Dedi dengan wayan dan Udin sebagi Pancunger, kemudian yuki, cici, anto dan Bodat dari Dharmapala APP sebagai awak-awak yang tangguh.

Waoooooooooooouuuuuuu……..Begitu eksotisnya sungai progo atas kandangan membuat kami begitu penasaran selama pengarungan….karena ini pengarungan pertama kalinya bagi semua personil Makupella……jeram – jeram terus menghadang dengan standing wave uniknya. Tak beberapa lama pengarungan, kami harus melewati jeram yang mesti di scouting terlebih dahulu……semua perahu marapat ke darat….

Yu huuuuuuuuuuuuuuuu….jeram yang sungguh menantang untuk dilewati….2 stopper besar menghadang di depan kami….giliran tim Makupella untuk melewatinya ……..mengambil jalur sebelah kanan stopper ternyata tidak memuluskan perahu Base Marine ….perahu kami mengalami wrapping…dengan arus yang begitu besar, hampir membuat kami terbalik, namun dengan berbagai cara akhirnya kami keluar dengan mulus menghadang drop-dropan besar……………..setelah melewati beberapa jeram..kami tiba di jeram yang memang hanya bisa dilewati 1 perahu saja dan itupun undercut pada salah satu sisinya…untuk melewatinya,kami melakukan scouting terlebih dulu ….ada sedikit kejadian ne…sesaat akan merapatkan perahu ke pinggir, tiba-tiba karena arus yang begitu kuat membuat kami hampir “Bablas” masuk ke jeram dan salah satu awak dari perahu Silva terjatuh beruntung dapat meraih perahu Makupella, ….untungnya ada eddies di sisi kanan sebelum jeram yang dapat dijadikan tempat parkir……

So amazing…..pengarungan yang menantang adrenalin semua rafter…..

Sepanjang pengarungan kami disuguhi pemandangan yang indah dan eksotik serta jeram-jeram yang menantang…

13.10 WIB..”Jembatan Kranggan”Rest Area

Sungguh tak terasa waktu yang begitu lama untuk mencapai rest area di bawah Jembatan Kranggan…..semua perahu merapat ke darat…..dan sudah ditunggu salah satu driver yang membawa makanan siang buat kami……tepat banget,perut yang sudah keroncongan segera diisi kembali dengan nasi telur dan teh hangat….semua personil kembali berkumpul dengan keriangan masing-masing……..tak terasa sudah setengah jam kami istirahat dan siap kembali untuk melanjutkan pengarungan….

13.40 WIB “ Jembatan Kranggan”

Pengarungan dilanjutkan…………………

Sampai di bendungan Badran…..kami harus memportaging perahu karena tidak mungkin kami melewati DAM yang begitu besar dan tinggi….di bendungan ini kami sempatkan melihat TMA yang ada disana…ternyata menunjukkan angka “23”…..ya lumayan serem juga se kalo kita harus melewati bendungan badran ini….

Di tengah – tengah pengarungan kembali kali terjadi insiden kepada perahu 2 FAJY….perahu mereka ngeflip …..karena sebelumnya menyenggol pillow besar…semua awak kececeran…tapi dengan sigap mereka langsung naik kembali ke perahu….

Ga asyik kalo ga ngeflip….

Ternyata indahnya pengarungan di Sungai Pekalen, Probolinggo mulai tersaingi ne …………..Sungai Progo Atas via kandangan Temanggung hampir mempunyai semua karakter yang ada di Pekalen…..

Pengarungan terus dilanjutkan dengan jeram – jeram yang berbeda-beda karakternya, jeram sempit dengan tebing disisi-sisinya….

16.30 WIB “ Pemandian Kali Bening”…

Tak terasa pengarungan panjang melelahkan diakhiri di Finish point “pemandian kali bening”…hujan kecil yang terus jatuh ke bumi tak membuat kami kedinginan malah menambah semangat euforia mencapai finish dengan penuh kepuasan. Ternyata mobil sudah menunggu kami untuk kembali pulang ke Basecamp mendut………..

17.30 WIB…..” Basecamp Mendut”…..kami semua pun tiba kembali ke Basecamp Mendut…langsung dengan segera semua mengecek segala peralatan yang dibawa…malah kami sempatkan untuk mencucinya……..

19.00 WIB “ Basecamp Mendut”

Seperti biasanya setelah pengarungan…evaluasi dimulai oleh Koorlap …semua personil yang ada saling sharing mengenai trouble – trouble yang dialami selama pengarungan…ya maksudnya se buat acuan pengarungan selanjutnya…………….setelah evaluasi selesai pun….kami semua langsung menyantap hidangan makan malam yang sudah disiapkan………………

22.00 WIB  ……ternyata waktu hampir larut….masing – masing personil pulang kembali ke Jogja, begitu juga dengan kami tim Makupella…dengan sedan Rock N Roll milik mas Kohyen …Base Marine diangkut ke Jogja sementara yang lainnya pulang dengan motor……………….

Penagrungan yang sungguh tak mudah dilupakan………………..

Kami akan kembali dengan semangat baru……………………………………………

Salam dayung untuk semuanyaaaaaaaaaaaaaaa!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

By : 074/VIII/MKPL/07


Actions

Information

2 responses

7 05 2010
suluh jatmiko

kandangan – dekso yukkkkkkkkkk

16 08 2010
wonggunung

mas..mo nanya nomor kontak EO yang ngurus rafting progo atas via kandangan?? saya kesulitan nyari kontaknya..
terima kasih atas bantuannya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: