Makupella : Juara Arung jeram di Citarum Open III

14 05 2011

“Suara deburan ombak bergemuruh memekakkan gendang telinga, enam dayung saling beradu memacu gerak laju perahu diantara buih-buih air dan bebatuan. Sementara seorang dibelakang terus mengendalikan kemudi perahu dan memompa semangat rekan-rekannya sambil meneriakkan “POWER, POWER, POWER !!!”. setelah melewati satu jeram, rangkaian jeram berikutnya sudah menanti untuk dicabik-cabik.

Itulah sekilas suasana pengarungan team Makupella dalam Kejuaraan Arung Jeram Tingkat Nasional “CITARUM OPEN III 2010” yang diselenggarakan pada tanggal 28-31 Juli 2010 di Sungai Citarum, Desa Rajamandala Kulon, Kec. Cipatat, Kab. Bandung Barat.
CITARUM OPEN III 2010 merupakan agenda kejuaraan arung jeram tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Pengurus daerah Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Jawa Barat. Pada kejuaraan tersebut mempertandingkan empat kategori lomba, yakni sprint, head to head, slalom, dan down river race, yang dibagi menjadi lima kelas, yaitu ;
Pelajar, pramuka & mahasiswa
TNI/POLRI
Klub arung jeram
Kejurda
Putri
Lomba yang dilaksanakan selama kurang lebih empat hari tersebut diikuti oleh total peserta 45 tim arung jeram.
Makupella sendiri masuk dalam kelas Mahasiswa, bersaing dengan 22 tim lainnya. Makupella yang belum pernah sekalipun memiliki pengalaman dalam lomba seperti ini tidak berharap banyak mengenai hasil yang akan dicapai. Walaupun demikian, hal itu tidak menyurutkan kami untuk mengeluarkan kemampun terbaik.
Makupella datang dengan 9 personil, yang terdiri dari 7 orang atlit, 1 orang manajer tim, dan 1 orang official, mereka adalah ; Suluh “Kohyen” Jatmiko, Tommi , Cimani “Cancut”, Dadang “Simeh”, Udin “Gombal”, Yuki, Hermawan “Landoke”, Tohar, dan Abimanyu Yogadhita. Dengan biaya seadanya yang diperoleh dari dana kampus, ditambah “patungan”, dan donator beberapa anggota, akhirnya kami berangkat menuju kejuaraan arung jeram di Citarum. Selain Makupella ada dua tim lain dari Jogja yang juga mengikuti perlombaan arung jeram di Citarum, yakni Tim Putri Madawirna UNY, Tim Putra-Putri Forumnya Arung Jeram Yogyakarta/FAJY, rekan-rekan yang notabene sudah kami kenal dengan baik dalam berbagai aktifitas dan kegiatan pecinta alam di Jogjakarta.

TROPHY UNTUK ALMAMATER DAN ORGANISASI

Rabu, 28 Juli 2011
Hari pertama perlombaan kategori sprint, disini 45 tim akan beradu kecepatan dalam mengendalikan perahu di sungai arus deras, berombak, serta berbatu sepanjang kurang lebih 1 km. Kami memperoleh nomor urut 43, rasanya semua perasaan bercampur aduk menjadi satu, antara tegang, semangat, gerogi, juga perasaan “minder” karena melihat tim lain yang begitu antusias mengikuti perlombaan.
Detik-detik menjelang pengarungan dimulai, kami mengumpulkan kepercayaan diri, keberanian, saling memberi semangat antar anggota tim serta tak lupa berdo’a kepada Tuhan yang Esa agar diberi hasil terbaik. Sorak-sorai dan suara riuh penonton bercampur dengan derasnya arus air menambah aroma kompetisi, adrenalin kamipun memacu makin cepat. Begitu aba-aba peluit panitia pertandingan ditiup kami mulai mengayuh dayung sekuat tenaga supaya perahu melaju cepat. Jeram pertama kami melaju dengan mulus, dijeram berikutnya ombak lebih tinggi dan arusnya lebih deras, kami semakin kuat mengayuhkan dayung, tak pelak airpun membasahi muka dan seluruh badan kami. Suara penyemangat dari rekan-rekan lain yang berada dipinggir sungai membuat tenaga kami seperti tak ada habisnya. Akhirnya dibawah sebuah jembatan, garis finish lomba sprint berakhir, lega rasanya.
Pada kategori sprint inilah kami dapat mempersembahkan sebuah Trophy sebagai juara 1 kelas pelajar, pramuka dan mahasiswa, sebuah hasil yang tak terduga dan tentunya membanggakan. Dikategori lain kami belum mampu mempersembahkan hasil yang memuaskan, mungkin lain kali itu harapan kami. Dalam perolehan point 4 kategori yang diperlombakan, kami menempati peringkat 7 kelas Pelajar, pramuka, dan mahasiswa dari 23 team, sedangkan secara umum kami berada diurutan 19 dari 45 team yang mengikuti perlombaan. Sebuah pengalaman yang sangat berharga bagi kami semua, membanggakan dapat mengibarkan bendera almamater tercinta.

“Kecintaan terhadap sesuatu Tidak mungkin tumbuh dari hipokrisi dan slogan-slogan kosong”. -Gie-

Oleh : Tommi Nasrul-072/VII/MKPL/07


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: