MELANGKAH UNTUK MAJU

8 07 2012

(Pengembaraan Arjuno Diklatsar XI)
Menjelang minggu tenang tepatnya pada tanggal 22 juni 2012,selepas jum’atan kami bersiap-siap lepas landas dari bascem Makupella menuju stasiun lempuyangan. Adapun para personil yang berangkat diantaranya Abdul Rahman W(Cekki),Bagas R,Galih W(Bookir),Henra(Bajoo),Rahmat K(Ableh),Yulius M(Ki Pace),Tommi N,Risma J( si Mon),& Ika(Ipil).
Pada pukul 14:15 tiba d stasiun lempuyangan dan bristirahat sdikit sambil nunggu giliran gerbong kereta. Sejam lebih nunggu giliran akhirnya tiba saatnya berangkat menuju stasiun gubeng surabaya. Sesampainya di gubeng larut malam tepatnya pukul 23:38 dan langsung istirahat tuk ngambil tenaga persiapan melanjutkan perjalanan besok. Menjelang subuh hari pukul 04:35 berangkat dari gubeng menuju stasiun Parong,tiba di parong pukul 05:43 dan langsung mencari angkot menuju pos pendakian. Tiba di pos perijinan pendakian setengah tuju,istirahat sebentar melepas rasa lelah selama perjalanan sambil menikmati secangkir kopi hangat. Setelah beberapa jam beristirahat dan selepas makan siang kami bergegas meninggalkan pos perijinan pada pukul setengah duabelas. Mengawali perjalanan yang begitu lumayan jauh selaku pendaki yang memiliki keyakinan masing2 kami seperti biasa sebelum melaksanakan/mengerjakan sesuatu terlebih dulu berDo’a seraya meminta keselamatan selama pendakian hingga pulang kembali keBascem. Selesai berDo’a kami langsung menjejaki langkah demi langkah menelusuri lebatnya hutan pinus yang lumayan tinggi dari pelupuk mata. Setelah empat jam menelusuri hutan yang bebatuan rapi itu kami tiba di tempat yang berpenghuni atau biasa disebut pendaki Kokopan namanya. Kurang lebih setengah jam beristirahat diKokopan perjalanan dilanjutkan,terlihat sang surya perlahan-lahan turun dari singgasana langit birunya membuat suasana mulai gelap,para personil menyiapkan senjata malamnya yaitu Headlamp. Beberapa saat menelusuri sunyinya hutan berpohon pinus itu tampak para personil terlihat lelah dan disepakati tuk mencari tempat peristirahatan dan akhirnya didapat tempat pengekeman pada pukul duapuluh empat lima dibawah tingginya pohon pinus.
Pagi yang begitu cerah diterpah sinar mentari kemerah-merahan menghiasi suana dinginnya hutan dikala pagi itu,para personil sibuk membuat santapan. Menyantap sarapan dengan menu Ayam goreng ples indomienya sambil bersenda gurau sesama teman2,Asykkk.. Setelah sarapan berakhir semua personil packing guna melanjutkan pendakian,perjalanan dilakukan pada pukul delapan nol lima,hanya berselang kurang lebih sejam tiba di pos pondokan. Di pos sinilah para penambang belerang bermukim,tampak diarea ini sejumlah pondok kecil tersebar ya lumayan banyak juga dan disini pula terdapat sumber air yang begitu jernih. Pemasangan marka dilakukan yang menunjukan arah ke puncak Arjuna & Welirang. Setengah jam berlalu perjalanan dilanjutkan menelusuri pohon liar yang begitu tinggi. Langkah demi langkah membawa kami ke tempat yang begitu indah yaitu sabana yang yang terhampar hijau memikau,mengabadikan gambar sebentar di atas hijaunya rumput.
Menelusuri jalan bebatuan berpasir terlihat berkibar bendera sang saka merah puith diatas ketinggian 3339 mdpl,puncak ogal agil. Menjejaki langkah menuju puncak melalui pasar dieng yang ditandai dengan banyaknya susunan batu tak beraturan di pinggiran jalan. Sebelum memasuki area punncak dilakukan lipsyn video sambil berjalan menuju ogal agil. Sesampainya di puncak pada pukul 16: 40 wib setempat. Sorak sorakan keluar dari masing2 penjelajah gunung hutan sesampainya diatas puncak yang berbatu besar sambil mengabadikan gambar yang di backgroundkan oleh puncak tetinggi di pulau jawa yaitu puncak semeru. Setelah puas rekaman lypsing video dan pengambilan gambar semua personil meniggalkan puncak.
Perjalanan turun dihiasi keindahan warna langit sunset yang begitu damai kelihatan yang divariasikan oleh garis lurus awan disepanjang tepi langit. Hari mulai gelap senjata malam dikeluarkan. Memasuki hitamnya suasana terlihat tampak panorama sederet kota yang dihiasi lampu-lampu membuat pemandangan dimalam itu sangat indah. Setelah menempuh perjalanan turun lebih dari empat jam,kelelahan menghampiri dan disepakati tuk ngekem di lembah kijang karena tempat tersebut terdapat sumber air,seampainya ditempat pengekeman tersebut pukul 20:38 wib, masing-masing personil ada yang sibuk dirikan doom,ngambil air,dan ada pula yang sibuk mencari kayu tuk dibakar sebagai penghangat suasana malam yang dingin amat,berselang beberapa saat setelah makan malam rampung semua kru istirahat dan ada sebagian yang masi menikmati dinginnya malam dihutan.
Pagi telah tiba di sambut dengan santapan hangat. Selepas menyantap hidangan semua packing siap tuk turun,selesai packing langsung berangkat tepatnya pukul 09:06 wib. Hanya berselang setengah jam tiba di pos pondokan,beristirahat sejenak tuk mengambil energi. 13:05 nyampe di pos kokopan,selama perjalanan turun ini banyak berjumpa baik itu dari OPA maupun Sispala yang kebanyakan bersal dari daerah timur jawa. Menempuh perjalanan yang lumayan panjang ini akhirnya sampai di pos perijinan setelah menempuh empat jam lebih tepatnya pada pukul 17:20 wib waktu setempat. Diam sejenak menikmati rasa lelah capek selama 4 jam lebih. Pada pukul 21:07 wib selepas istirahat berangkat meninggalkan pos perijinan menuju terminal purabaya Surabaya. Sesampainya di terminal pukul setengah sepuluh,berselang setengah jam saja langsung berangkat menuju terminal giwangan Yogyakarta. Subuh hari tepatnya pukul 05:10 wib tiba di giwangan dan nyampe di Bascem tercinta Makupella pagi-pagi. Semua kru pasukan pengembaraan Gunung Hutan yang menurut dongenya diambil dari nama tokoh wayang jawa yaitu Arjuna mengambil posisi guna beristiraht setelah menjejak perjalanan dari timur menuju tengahnya pulau jawa,Yogyakarta.

Sekian Cerper Pengembaraan Diklatsar XI Makupella dari Puncak Timur Gunung Arjuna.
Itu cerita kami,,Gimana ceritamu ?

Menjejaki langkah di puncak Gunung Arjuno 3339 Mdpl

by: henra samudra

DIKLATSAR XI MAKUPELLA


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: