KU JAGA BUMI KU BERSAMA MU

8 07 2012
RANGKAIAN HARI BUMI 20-22 APRIL 2012

Akhirnya hari Jum’at 20 april yang kami tunggu tunggu tiba juga. Pada hari ini kami memulai serangkaian hari bumi yang telah kami persiapkan sebulan sebelumnya. Pada malam sebelumnya telah kami bagi anggota makupela menjadi dua tim dimana tim pertama(zainal septi bagas galih gede) ada di kampus satu dan tim kedua(wahid,sinar,ika,lia,septa,risma dan wisnu) ada di kampus dua. Adapun tugas dari masing masing tim adalah membagikan stiker yang berisi tentang himbauan untuk menjaga bumi yang bertepatan dengan tema kita yaitu “Hijau di negriku bersih di lingkunganku”.pembagian stiker ini ditunjukan kepada seluruh civitas akademik mulai dari mahasiswa, asisten dosen dan dosen. Setelah pembagian stiker selesai untuk anggota makupella yang tidak ada jam kuliah(abi,gede,zainal,tohar,hermawan,septi,bajo.wahid dan amas) melanjutkan acara selanjutnya yaitu pembersihan lingkungan kampus satu bersama PD 3 dan OB yang turut membantu pembersihan di lingkungan kampus satu. Malam sebelumnya kami sudah menyiapkan konsumsi untuk pembersihan kampus namun tak diduga bahwa PD 3 juga menyiapkan konsumsi juga buat kita sehingga makanan yang tersedia pun melimpah.
Malamnya kami melanjutkan dengan pembungkusan kado yang nantinya akan menjadi kenang-kenangan untuk anak anak yang di panti asuhan. Dari panitia awalnya hanya menyiapkan alat tulis dan buku namun ternyata ada seorang dermawan yang baik hati yang menyumbangkan tas untuk sekolah. Yang berjumlah 20 buah. Ditujukan untuk anak anak yang berumur 6 sampai 10 tahun.
Sabtu pagi kami melanjutkan rangkaian hari bumi yaitu dengan melakukan pembersihan di BC Makupella, pembersihan ini meliputi penataan kembali BC dan arsip arsip yang ada, penataan ulang dapur dan ruang logistik dan pembersihan atap. Setelah pembersihan ini selesai kami melanjutkan brefing untuk persiapan hari esok.
Minggu pagi tanggal 22 April yang cerah kami bersepeda menunju panti asuhan Putra Muhamadiah yang terletak di dekat perempatan Tamsis. Disambut dengan sinar mentari yang cerah dan udara yang masih sejuk kami ahirnya sampai di panti setelah bersepeda sekitar 30 menit. Namun acara sempat tertunda dikarenakan pemateri yaitu lia datang terlambat dikarenakan menggambil konsumsi. Setelah lia dan septi datang acara dilanjutkan dengan sambutan sambutan dari pengasuh yang ada di panti, ketua Makupella (abi) dan ketua panitia (bagas) setelah sambutan usai ternyata anak SD yang berada di aula tempat kami melangsungkan acara hanya berjumlah 9 orang lalu dari panitia memutuskan untuk memanggil anak yang duduk di bangku SMP. Namun ternyata jumlahnya melebihi dari yang kami targetkan yaitu berjumlah 21 orang sementara kenang-kenangan yang kami siapkan hanya berjumlah 20 buah. Ahirnya sinar dan septi keluar untuk membeli satu paket kenang kenangan disela sela pemberian materi tentang hari bumi yang disampaikan oleh lia. Saat pemberian materi diadakan sesi tanya jawab juga dimana apabila ada yang bertanya atau menjawab pertanyaan yang diberikan pemateri mendapatkan bingkisan yang berupa snack yang bisa mereka nikmati saat istirahat.
Setelah beristirahat sejenak panitia membagi anak-anak menjadi dua tim, tim pertama yang berisi anak-anak SMP mereka melakukan pengijauan disekitar panti asuhan dan tim yang lainya mewarnai gambar yang telah panitia persiapkan. Setelah lomba mewarnai dan penghijauan selesai kami beristirahat sejenak sembari memberi waktu untuk juri menentukan siapa yang menjadi pemenang lomba mewarnai,kriteria yang dinilai antara lain kerajinan,kreatifitas dan ketepatan waktu .30 menitpun berlalu akhirnya di putuskan bahwa juara satu dari lomba mewarnai adalah Yogi. Lalu dilanjutkan dengan pembagian kenang-kenangan kepada panti asuhan yang berupa plakat dan sedikit bantuan dana dari panitia yang diikuti dengan salam-salaman antara panitia dan anak-anak yang berada di panti asuhan dan dilanjutkan dengan pengambilan gambar sebagai kenang-kenangan untuk panitia. Setelah berpamitan kepada pemilik panti beserta anak-anak yang ada di sana akhirnya kami melakukan perjalanan pulang ke BC Makupella. Sekitar jam 12.30 kami bersepeda dari panti menuju BC ditemati sinar matahari yang memang sangat terik kami kembali ke BC dengan perasa puas karena acara yang sudah kami persiapkan jauh jauh hari dapat dikatakan berjalan dengan sukses. Sesampainya di BC kamipun langsung menyerbu es yang memang sudah disiapkan. Setelah istirahat di BC dirasa cukup, kami melakukan evaluasi dari semua rangkaian kegiatan yang telah kami lakukan. Selanjutnya anggota lain memutuskan untuk pulang ke kost masing-masing untuk berisirahat dan sebagian lainya ( gede,zainal,wisnu,sinar,bagas,septi dan lia) melanjutkan rangkaian acara lain yaitu penghijauan di kampus dua. Penghijauan yang kami lakukan di sekitar Musholah yang baru dibangun. Setelah sekitar 1 jam akhirnya penghijauan selesai dan lengkaplah sudah semua rangkaian acara dari peringatan Hari Bumi ini.

penghijauan hari bumi

by:lia XII MKPL


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: