wajib gunung tim wekas

8 07 2012
Tim wajib gunung diklatsar XII Gunung Merbabu yang melalui jalur Wekas pada awalnya direncanakan berangkat jam 16.00 WIB, namun karena masalah tekhnis yaitu pengecekan HT, keberangkatan pun ditunda. Pada jam 17.00 WIB permasalahan yang dihadapi dapat teratasi dan tim wajib gunung diklatsar XII pun memutuskan untuk memulai perjalanan menuju BC pendakian Wekas. Tim wekas berangkat dengan empat motor, Zainal + Risma sebagai leader, Pace + Amaz, Galih + Rengku, dan Wisnu + Septi sebagai sweeper. Perjalan dimulai dengan pengisian bensin di SPBU terdekat, kemudian berangkat menuju BC pendakian. pada saat perjalanan terhalang hujan yang menyebabkan rombongan harus berhenti untuk memakai ponco.
Jam 19.55 WIB sebagian tim pendakian sudah tiba di BC, dan sementara itu Septi dan Wisnu terpaksa berjalan kaki karena motor yang ditumpangi tidak kuat mengingat medan yang terjal sehingga motor hanya mampu membawa sebagian barang-barang saja. Setelah itu Pace dan Galih menjemput Wisnu dan Septi. Akhirnya jam 20.10 WIB. semua anggota sudah kumpul di BC pendakian dan mengecek kembali barang-barang yang akan di bawa pada saat pendakian
Jam 20.25 WIB kami makan malam bersama untuk mempersiapkan tenaga pada saat pendakian. Jam 21.10 WIB kami melakukan breefing dan do’a bersama sebelum melakukan pendakian yang dipimpin oleh ketua pelaksana; Rengkuh. Pada jam 21.24 WIB berangkat dari BC pendakian menuju pos 2, di perjalanan Amaz mengalami kelelahan sehingga perjalanan dihentikan sementara untuk istirahat memulihkan tenaga. Ditengah perjalanan kami sempat salah memilih jalur sehingga kami melewati jalur yang sangat terjal yang cukup menguras tenaga.
Jam 01.02 WIB kami tiba di pos 2, kami tiba di pos 2 lebih awal ½ jam dari perkiraan. Sesampai di pos 2 kami langsung mendirikan doome sementara menunggu Wisnu dan Galih yang berjalan dibelakang. Jam 01.30 WIB kami beristirahat sebagian langsung tidur dan sebagian memasak air untuk membuat kopi.

Karena kelelahan dan kondisi cuaca yang sangat dingin, kami baru bangan pagi jam 05.30 WIB, setelah semua tim bangun, pada jam 06.15 WIB kami membuat sarapan, dan sarapan pagi bersama. jam 07.15 WIB kami mempersiapkan peralatan yang akn di bawa untuk melanjutkan perjalanan ke puncak syarif dan persiapan latihan IMPK.
Jam 07.50 WIB kami berangkat dari pos 2 menuju puncak Syarif .Setelah berjalan selama 2 jam 40 menit diselingi dengan istirahat beberapa kali pada jam 10.30 WIB kami sampai dipuncak Syarif. Setelah beristirahat sejenak kami pada 11.15 WIB kami melakukan Latihan IMPK sekitar 45 menit kami membuat dokumentasi kelompok.
Jam 12.17 WIB setelah semua kegiatan selesai kami turun dari puncak Syarif ke pos 2, jam 14:30 WIB setelah 2 jam perjalanan kami tiba pos 2. Setelah beristirahat 1 jam pada jam 15.20 kami mempersiapkan diri dan packing untuk turun menuju BC pendakian Jam 16.00 WIB sebelum turun kami melakukan breefing dan berdo’a yang dipimpin oleh Rengku.
Jam 18.00 WIB dengan kondisi badan yang kelelahan dan stamina tubuh sudah terkuras kami tiba di BC pendakian. Sesampainya di BC masing masing dari kami membersihkan diri yang sudah bermandikan keringat selama perjalanan ke puncak gunung merbabu dan berganti pakaian, sementara makanan malam disiapkan oleh pemilik BC pendakian.
Jam 20.00 WIB kami makan malam bersama dengan menu alakadarnya. Jam 20.20 kami pun beristirahat untuk memulih kan tenaga untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial esok harinya. Minggu 10 juni 2012 setelah istirahat jam 05.15 WIB kami semua bangun dan menyiapkan sarapan pagi, dan sarapan bersama.
Jam 08.30 WIB waktunya siap-siap buat bersih-bersih sarana umum Toilet umum Wisnu & Amaz membersih kan bagian dalam WC, Risma & Rengku membersihkan sampah dan rumput-rumput, Septi membersihkan TK, jam 09.30 WIB kegiatan bersih-bersih pun selesai, kami pun packing dan mengecek kembali peralatan pribadi maupun kelompok dan bersiap-siap untuk pulang.
Jam 10.10 WIB kami pun breefing untuk menentukan leader dan sweeper dalam perjalanan pulang. Sekitar 2 ½ jam perjalanan kami pun tiba di BC makupella dan beristirahat sejenak untuk memulihkan tenaga.

Jam 13.4 setelah beristirahat sejenak kami memutuskan untuk langsung melakukan cuci alat, Pada jam 15.00 WIB cuci alat selesai dilakukan. Kami pun bersiap-siap untuk pulang ke rumah masing-masing. Jam 15.15 WIB sebelum pulang kami melakukan evaluasi dari kegiatan yang telah kami lakukan, evaluasi dihadiri oleh semua anggota tim wajib gunung merbabu jalur wekas beserta pembimbingnya. Agenda selanjutnya yaitu pengembalian alat yang dipinjem dari OPA lain dan pembuatan LPJ.

 

by: wisnu stirilisasi dewananto


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: