Pengabdian “KU” di kaki Gn. Merbabu

20 06 2014

Kata “GUNUNG” sangat identik dengan kegiatan UKM Makupella, namun bukan berarti hanya berkegiatan dalam hal pendakian gunung saja. Salah satu kegiatan yang berhubungan dengan gunung adalah Wajib Gunung. Kegiatan wajib gunung adalah kegiatan wajib yang harus dilaksanakan oleh anggota muda Makupella.

Foto bersama sebelum pendakian

Foto bersama sebelum pendakian

Adapun tujuan dari kegiatan wajib gunung adalah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat serta belajar memanajeman kegiatan di alam bebas terutama pendakian gunung. Manajeman kegiatan yang baik akan mengurangi resiko buruk dalam berkegiatan.

Membersihkan mushalla di kaki gn. merbabu

Membersihkan mushalla di kaki gn. merbabu

Hanya pendakian gunung????

Jawabannya “tidak” ,selain belajar manajeman kegiatan, tujuan utama dari Wajib Gunung adalah melaksanakan pengabdian pada masyarakat. Mengapa harus pengabdian pada masyarakat?? Karena pada hakekatnya pengabdian pada masyarakat merupakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Melatih kita untuk berinteraksi dengan lingkungan dan masyarakat, karena pada akhirnya kita akan kembali ke masyarakat menjadi bagian dalam lingkungan masyarakat. Maka diharapkan dengan pengabdian pada masyarakat ini kita memiliki gambaran bagaimana hidup di tengah masyarakat yang sangat heterogen.Pengabdian masyarakat di laksanakan di desa yang menjadi jalur pendakian yaitu jalur Wekas, Chuntel dan Tekelan. Sekitar 2 bulan persiapan yang meliputi aspek manajeman perjalanan, materi penunjang pendakian gunung serta survey lapangan guna mengetahui sasaran dalam pengabdian pada masyarakat. Tim mulai berkreasi mempersiapkan bentuk pengabdian pada masyarakat. Termasuk berkreasi dalam usaha dana, mulai dari berjualan makanan ringan di kampus sampai mengumpulkan barang – barang bekas untuk dijual. Adapun bentuk pengabdian pada masyarakat yang berhasil dilaksanakan adalah Tim Tekelan memberikan peralatan kebersihan ke sekolah TK setempat dan melaksanakan bersih – bersih sarana umum desa.

Foto bersama anak-anak TK

Foto bersama anak-anak TK

Tim wekas memberikan alat peraga edukasi dan peralatan kebersihan ke sekolah TK setempat. Tim Chuntel memberikan sumbangan buku dan alat tulis ke sekolah TK setempat dan memberikan timbangan dan thermometer digital ke posyandu setempat. Mungkin pengabdian kami pada masyarakat di kaki Gunung merbabu masih jauh dari yang mereka harapkan. Semoga kedepan kami bisa meningkatkan sasaran pengabdian pada msyarakat. Besar harapan kami Akedemik bersedia mendukung kegiatan pengabdian pada masyarakat baik berupa materi maupun non materi.

“Kepedulian adalah Akar dari Kebenaran”

Seriboe Hatie Dalam Satoe Djiwa

By: Wisnu Satrio


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: