Peringatan Hari Bumi “Save Earth for Our Future”

17 05 2018

Peringatan Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April 2018 dapat dilakukan oleh semua orang di seluruh dunia, Meskipun hanya aksi kecil dan sederhana namun akan tetap memberikan pengaruh besar bagi bumi. Dalam rangka peringatan  hari bumi, Makupella mengadakan kegiatan tanam mangrove di pantai Baros pada hari Kamis tanggal 10 Mei 2018 dengan Tema kegiatan “Save Earth for Our Future”.

Kegiatan tanam mangrove ini sudah dilakukan selama 2 tahun berturut-turut dengan memilih lokasi di Pantai Baros. Pemilihan lokasi penanaman mangrove di pantai Baros bukan tanpa alasan. Wilayah pesisir pantai Baros merupakan peralihan antara ekosistem darat dan laut yang bersifat kompleks. Bertambahnya populasi penduduk di Dusun Baros berakibat pada meningkatnya aktivitas manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup. Seiring berjalannya waktu, lahan di Pantai Baros mulai beralih fungsi, digunakan untuk lahan pemukiman dan bercocok tanam. Akibat pemanfaatan alam yang berlebihan, kerusakan alam pun mulai terlihat.

WhatsApp Image 2018-05-11 at 21.22.14Hari Bumi Makupell

Peserta kegiatan tanam mangrove mulai berkumpul di Kampus 2 Politeknik ATK Yogyakarta dan melakukan registrasi pukul 08.00 WIB. Banyak peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini diantaranya; perwakilan kelas, HIMA, Forum, dan UKM Kampus. Diluar masyarakat kampus sendiri ada beberapa perwakilan dari Komunitas Mangrove, pers dan masyarakat umum yang juga ikut dalam kegiatan tanam mangrove. Setelah peserta melakukan registrasi selanjutnya dilakukan briefing kemudian perjalanan menuju lokasi penanaman mangrove.

WhatsApp Image 2018-05-11 at 21.22.24

Setelah sampai di lokasi, kami melakukan ceremonial pembukaan yang dihadiri presiden mahasiswa Politeknik ATK Yogyakarta dan dilanjutkan dengan sharing materi tentang Mangrove. Sharing materi diisi oleh Saudara Bangkit sebagai moderator dan Bapak Dedi sebagai pemateri, Pak Dedi merupakan salah satu pengelola Kawasan konservasi mangrove. Beliau menjelaskan tentang pengertian mangrove, fungsi dan cara penanaman mangrove yang baik dan benar, supaya ketika pelaksanaan kegiatan penanaman nantinya pohon mangrove bisa tumbuh dengan sebagaimana mestinya.

WhatsApp Image 2018-05-11 at 21.22.32

Selanjutnya setelah sharing Materi, memasuki acara inti yaitu; tanam mangrove. Yang dimulai pukul 10.30 WIB sampai pukul 11.30 WIB. Peserta sangat atusias dalam kegiatan penanaman.

WhatsApp Image 2018-05-11 at 21.25.16

Selesei penanaman mangrove kemudian makan siang dan penutup.  Setelah penutup seluruh peserta kembali ke Kampus 2 Politeknik ATK Yogyakarta.

 

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: